Friday, August 21, 2009

Royalti Mbah Surip Hanya Rp180 Juta

royalti mbah suripRoyalti Mbah Surip Hanya Rp180 Juta - gosip artis sendiri memang pernah dengar Royalti miliaran rupiah yang didengungkan bakal dikantongi Mbah Surip, hanya mimpi. Nominal sebenarnya yang telah diterima Mbah Surip melalui ahli warisnya hanya Rp180 juta.


"Royalti yang diterima Mbah Surip Rp112 juta. Itu dari penjualan kaset dan RBT (ring back tone) sampai dengan Juli 2009. Sisanya, Rp68 juta merupakan advance (uang muka)," urai Direktur Falcon Music Interactive, HB Naveen, dalam jumpa pers di Bengkel Teater Rendra, Cipayung Jaya, Citayam, Pancoran Mas, Depok, Jumat (21/8/2009).


Royalti Rp112 juta telah diserahkan kepada ahli waris Mbah Surip, yakni anaknya, Farid, pada Rabu, 19 Agustus 2009. Sementara, Rp68 juta telah diserahkan jauh-jauh hari.


Lagu Tak Gendong milik Mbah Surip mulai dirilis akhir Mei 2009 oleh Falcon. Hanya dalam kurun waktu 1,5 bulan, Mbah Surip fenomenal. Setelah itu, media memberitakan hasil penjualan RBT lagu Tak Gendong mencapai miliaran rupiah.


Padahal, pihak Falcon yang memasarkan produk lagu Mbah Surip belum menerima laporan apapun dari provider mengenai hasil penjualan RBT.


"Ketika Mbah Surip meninggal, banyak asumsi memonjokkan Falcon mengenai pembagian royalti. Falcon mengambil langkah dengan mengumpulkan laporan hasil penjualan dari provider selular. Provider sendiri baru menyediakan laporan penjualan untuk bulan Juni-Juli 2009, pada 12 Agustus 2009," jelas Naveen


Sebagai anak yang mewakili Mbah Surip, Farid mengaku ikhlas dengan besaran nilai royalti yang diterima keluarga dari karya almarhum orangtuanya.


"Alhamdulillah saya terima. Saya puas besar kecilnya tetap saya terima," ungkapnya dalam jumpa pers di Bengkel Tearter Rendra Cipayung Jaya, Citayam, Depok, Jawa Barat, Jumat (21/8/2009).


Dia mengatakan tidak ada wasiat khusus dari ayahnya tentang royalti. Farid mengaku belum ada rencana untuk apa uang hasil royalti yang diterimanya dari Falcon Manajemen.


"Kemarin Rabu, saya sudah terima dengan kakak dan adik. Rezeki yang saya terima, saya tabungkan. Kalau rencana ke depan dan lain-lain belum ada," paparnya.


Saat dikabarkan tidak jadi mendapatkan royalti sejumlah Rp4,5 miliar, Farid mengaku sempat kecewa. Namun begitu ada musyawarah dengan pihak Falcon, baik dirinya maupun keluarga yang lain menerima dengan lapang dada.


"Kalau rezeki Mbah segitu, ya enggak apa-apa. Kami tetap menerima. Kalau memang bukan rezeki, enggak apa-apa. Pokoknya kalau ada rezeki alhamdulillah dan kami tidak mempermasalahkan," jelas Farid.


(okezone)

No comments:

Post a Comment