Tuesday, February 22, 2011

Inilah Vidio saat terjadinya gempa bumi 6,3 skala richter,di New Zealand


Inilah Vidio saat terjadinya gempa bumi 6,3 skala richter,di Christchurch Selandia Baru




Perdana Menteri Selandia Baru John Key menyebutkan setidaknya 65 orang tewas akibat gempa bumi yang terjadi di Christchurch Selandia Baru.

John Key mengatakan jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat.

Key mengatakan petugas pelayanan darurat bekerja dengan cepat, sehingga mereka dapat menemukan orang-orang yang terjebak dalam reruntuhan bangunan.

Sejumlah bangunan hancur, termasuk Gereja Katedral yang rusak akibat gempa.

Kerusakan akibat gempa bumi 6,3 skala richter itu dilaporkan lebih parah dibandingkan dengan gempa besar pada September lalu, dengan kekuatan 7,1 skala richter.

Pusat gempa terletak jauh dari kota dan berapa dibawah tanah, tetapi menimbulkan kerusakan yang menyebakan kerugian sebesar $ 3 miliar dollar AS.

Jaringan listrik dan saluran telepon terganggu, pipa air rusak dan menyebabkan banjir di sejumlah jalanan.

Sejumlah ambulan dan kendaraan pribadi digunakan untuk membawa korban luka. Polisi membantah evakuasi terjadi di rumah sakit lokal.

Perdana Menteri John Key mengatakan kepada parlemen, kerusakan yang terjadi sangat besar, dan terjadi pada saat jam sibuk di kota itu.

Selandia Baru berada di ujung jalur lingkaran api pasifik, dan diatas lapisan bumi tempat pertemuan lempeng pasifik dan lempeng Indo-Australian.

Negara ini setiap tahun mengalami sekitar 14.000 gempa bumi, dan hanya skeitar 20 yang memiliki kekuatan diatas 5,0 skala richter.

Gempa bumi yang paling parah terjadi pada tahun 1968, dengan kekuatan 7,1 skala richter dan menewaskan tiga orang di bagian selatan negara itu.

sumber : http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2011/02/110222_newzealandvictim.shtml


No comments:

Post a Comment